ndezzndezz

WINDOWS VISTA

Posted on: Juni 29, 2011

BAB II
SEJARAH

A. Penemuan Windows Vista
Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.
Microsoft pertama kalinya mengumumkan “Longhorn” pada bulan Juli 2001, bahkan sebelum peluncuran Windows XP pada bulan Oktober tahun yang sama. Pada awalnya, Longhorn diharapkan untuk mulai dijual pada kisaran tahun 2003 sebagai batu loncatan di antara Windows XP dan “Blackcomb” (sekarang dikenal sebagai “Windows 7″). Secara bertahap, “Longhorn” nyatanya dibangun dengan banyak fitur-fitur dan teknologi baru dari “Blackcomb”, sehingga tanggal peluncurannya pun berkali-kali diundur. Microsoft kemudian mengumumkan pada 27 Agustus 2004 bahwa Perusahaan itu melakukan perubahan yang signifikan. Pembangunan “Longhorn” diulang kembali dan didasarkan pada basis program Windows Server 2003. Beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan, seperti WinFS, pun dibatalkan.
Setelah “Longhorn” dinamai menjadi Windows Vista, sebuah uji-beta program dimulai, melibatkan ratusan ribu sukarelawan dan perusahaan. Pada September 2005, Microsoft mulai meluncurkan Community Technology Previews (CTP) secara reguler bagi para penguji-beta. Rilis yang pertama adalah build 5219, didistribusikan bagi undangan yang hadir pada Microsoft Professional Developers Conference (PDC) 2005, dan juga dirilis bagi para penguji Microsoft Beta dan para pelanggan MSDN.
Dalam CTP-CTP berikutnya, Microsoft telah memperkenalkan banyak rencana-rencana fitur untuk produk finalnya, seperti sejumlah perubahan untuk antarmuka pengguna, yang didasarkan dari usulan balik dari para penguji-beta. Windows Vista dianggap telah memiliki fitur yang lengkap dengan peluncuran build 5308 CRT, yang dirilis pada 22 Februari 2006. Pekerjaan yang menunggu para programer Microsoft hingga tanggal akan dirilisnya versi final nanti cenderung difokuskan pada stabilitas, kinerja, kompatibilitas aplikasi dan driver, serta dokumentasi.
James Allchin dalam sebuah wawancara menyatakan bahwa tidak akan ada versi “Release Candidate” (RC) seperti yang dilakukan pada versi-versi Windows yang sebelumnya. Microsoft sebaliknya hanya akan mengirimkan CTP hingga produk tersebut siap dipasarkan. Hanya saja dalam peluncuran Windows Vista Beta 2 bagi para penguji pada 23 Mei 2006, dan untuk umum pada 7 Juni 2006 melalui Microsoft’s Customer Preview Program (bisa diunduh langsung ataupun dengan memesan DVD), Microsoft memberikan petunjuk bahwa akan ada release candidate untuk Windows Vista dengan menjanjikan sebuah Release Candidate 1 DVD kit untuk yang memesan DVD Beta 2.
Dalam roadmap Microsoft tampaknya rencana untuk tanggal rilis ke pabrikan adalah pada atau sebelum 25 Oktober 2006.
B. Perbandingan Windows Vista dengan Windows XP
Windows XP dan Windows Vista sangat berbeda dalam hal arsitektur keamanan mereka, teknologi jaringan, manajemen dan administrasi, shell & antarmuka pengguna, dan mobile computing. Windows XP memiliki menderita kritik untuk masalah keamanan dan masalah dengan kinerja. Vista telah menerima kritik untuk masalah dengan kinerja dan aktivasi produk. Sebuah kritikan lain yang umum dari Vista kekhawatiran integrasi bentuk-bentuk baru manajemen hak digital (DRM) ke dalam sistem operasi, dan User Account Control (UAC) teknologi keamanan.
Kelebihan Windows Vista bila dibandingkan dengan Windows XP
a. Lebih keren, menarik dan memukau dalam penampilan serta grafis lebih keren
b. Pengalaman baru menjelajah PC dengan model 3D yang canggih 3. Lebih aman, mudah dalam akses
c. Video dapat menjadi wallpaper
d. Lebih cepat dalam menjalankan program ( bila menggunakan memori besar karena system di vista dimutakhirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi)
e. Mendukung partisi harddisk secara virtualisasi
f. Banyak feature baru yang tidak ada di XP
g. Perbaikan dan penambahan feature yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
h. Built-in Support Option yang memberika keleluasaan lebih kepada user
i. Mode pencarian file yang lebih mudah / live search
j. Security lebih baik

C. Kelebihan dan Kekurangan Windows Vista
1. Kelebihan Windows Vista
Secara umum kelebihan Windows Vista adalah tampilannya yang bagus, menarik dan memukau.
 Security
a. Windows Vista secara otomatis dapat mengaktifkan Firewall terintegrasinya sehingga ketika layanan jaringan berfungsi, sistem tidak dapat diakses dari luar;
b. Proteksi security Windows Vista ketika Melakukan browsing diinternet lebih aman, karena Windows Vista menggunakan Konsep SDL (Secure Development Lifecyle) yang menginformasi Virus Aktif baik itu yang sering menyusup seperti virus dan worm tidak melalui Security Centre melainkan lewat Windows Monitor dengan jalur interface yang lebih aman, sehingga penyebabnya pun terdeteksi;
c. Resiko kehilangan data lebih kecil karena chace mode yang lebih baik untuk removable strorage ( seperti pada flash disk ) membuat data tersimpan aman;
d. Dapat mengenkripsi partisi dan drive lain serta dapat dikunci dengan Multi Factor Authen Tification dengan menggunakan TPM Module ( PIN ) dan UFD;
e. Pada saat instalasi, pengguna harus menyimpan Password Hint. Tanpa ini windows tidak berjalan;
f. Dalam Remote Administration Windows Vista dilengkapi Digital Signature sehingga saat melakukan Akses Remote sangat aman.
 Stabilitas
a. Windows Vista dapat menampilkan preview setiap type file;
b. Windows Vista lebih cepat dalam pencarian data walau dalam struktur susunan yang kompleks dengan Aplikasi pencarian Cepat. (aplikasi yang dikembangkan oleh apple thn 2005 yang disebut spotlight);
c. Vista dapat membaca media dengan menggunakan sistem file exFAT;
d. Vista dapat membaca SD Card dengan tekhnologi SD ADMA ( Advanced DMA );
e. Sharing data di area jaringan dapat dilakukan dengan cepat;
f. Vista dapat meakukan transfer data dari hardisk sampai 25MB/Second;
g. Vista sangat cepat dalam proses menampilkan File Visual;
h. Vista sangat cepat dalam proses extarct file dari ZIP ataupun WINRAR;
i. Vista dapat mendeteksi suatu type jaringan untuk dipilih kemudian diaktifkan;
j. Dapat melakukan emulator dari FAT 64 ke FAT 32;
k. Windows Vista tersedia SRT (Starup Repair Tool) sehingga dengan SRT dapat merestore file-file sistem tanpa harus instal ulang.
 Keistimewaan
a. Secara visual Windows Vista lebih unggul ketimbang OS lain dengan diperkaya tampilan 3D, Air Bruss, dll.
b. Tools yang ditampilkan kaya dengan icon.
c. Windows Vista lebih bergengsi dengan tampilan yang sesuai dengan life syle psikologis kehidupan jaman sekarang (Funky-Trendy- Gaul).
2. Kekurangan Windows Vista
a. Membutuhkan virtual memori yang besar, biasanya dapat digunakan pada Komputer dengan spec yang cukup tinggi bila spec Komputer minim akan terasa berat
b. Ada beberapa aplikasi yang belum support di Vista
c. Biasanya digunakan pada PC dengan spec yang cukup tinggi
d. Terdapat beberapa aplikasi bawaan yang ketika dijalankan sangat rakus resource dan memory sehingga pengolahan file terganggu;
e. Media Player sebagai tools audio mendapat jatah CPU Time yang terlalu kecil untuk men-decode MP3. Hasilnya suara tersendat-sendat;
f. Dengan tools yang sangat banyak dan kompleks untuk pemula Windows Vista terlalu rumit untuk digunakan;
g. Windows Vista tidak terlalu cepat mendeteksi keluar-masuk perangkat tambahan seperti flashdisk sehingga penyakit bluescreen selalu kambuh ketika secara spontan flashdisk dicabut dari hub usb;
h. Pada Windows Vista Plug and Play tidak selalu berfungsi terlebih belum secara sempurna dukungan driver-driver sehingga seperti VGA dan Soundcard tidak dikenali.

BAB III
WINDOWS VISTA

A. Pengertian Windows Vista
Windows Vista adalah sistem operasi yang dirilis dalam beberapa variasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi , termasuk rumah dan bisnis desktop , laptop , tablet PC , dan media center PC. Sebelum pengumuman pada 22 Juli 2005, Windows Vista dikenal dengan codename “Longhorn.” Pembangunan selesai pada tanggal 8 November 2006; selama tiga bulan setelah dirilis pada tahap untuk perangkat keras komputer dan produsen perangkat lunak, pelanggan bisnis, dan saluran ritel. Pada tanggal 30 Januari 2007, itu dirilis di seluruh dunia, dan dibuat tersedia untuk pembelian dan download dari website Microsoft. Rilis Windows Vista datang lebih dari lima tahun setelah pengenalan pendahulunya, Windows XP , yang terpanjang rentang waktu antara rilis berurutan dari Microsoft Windows desktop sistem operasi. Hal digantikan oleh Windows 7 yang dirilis untuk manufaktur pada 22 Juli 2009, dan untuk masyarakat umum pada 22 Oktober 2009.
Windows Vista berisi banyak perubahan dan fitur baru , termasuk update antarmuka pengguna grafis dan gaya visual dijuluki Aero , didesain ulang pencarian fungsi, alat-alat multimedia termasuk DVD Maker Windows , dan didesain ulang jaringan, audio, cetak, dan menampilkan sub-sistem. Vista bertujuan untuk meningkatkan tingkat komunikasi antara mesin pada jaringan rumah , menggunakan peer-to-peer teknologi untuk menyederhanakan berbagi file dan media antara komputer dan perangkat. Windows Vista termasuk versi 3.0 dari NET Framework. , memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menulis aplikasi tanpa tradisional API Windows .
Tujuan utama Microsoft menyatakan dengan Windows Vista untuk memperbaiki keadaan keamanan di sistem operasi Windows. [7] Salah satu yang umum kritik dari Windows XP dan pendahulunya itu umumnya dimanfaatkan mereka kerentanan keamanan dan kerentanan keseluruhan untuk malware , virus dan buffer overflows . Dalam terang ini, ketua Microsoft Bill Gates mengumumkan pada awal tahun 2002 perusahaan-lebar ” Trustworthy Computing inisiatif “yang bertujuan untuk menggabungkan keamanan ke dalam setiap aspek pengembangan perangkat lunak di perusahaan. Microsoft menyatakan bahwa hal itu diprioritaskan meningkatkan keamanan Windows XP dan Windows Server 2003 di atas finishing Windows Vista, sehingga menunda penyelesaiannya.
Sementara fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan telah mengumpulkan review positif, Vista juga menjadi sasaran kritik banyak dan tekan negatif. Kritik Windows Vista telah ditargetkan persyaratan sistem yang tinggi, istilah yang lebih nya lisensi terbatas, masuknya sejumlah baru digital manajemen hak teknologi yang bertujuan membatasi penyalinan media digital yang dilindungi, kurangnya kompatibilitas dengan beberapa hardware pra-Vista dan perangkat lunak, dan jumlah otorisasi meminta User Account Control . Sebagai hasil dari masalah ini dan lainnya, Windows Vista telah melihat adopsi awal dan tingkat kepuasan yang lebih rendah dari Windows XP. Namun, dengan 330 juta pengguna Internet yang diperkirakan pada Januari 2009, telah diumumkan bahwa penggunaan Vista telah melampaui Microsoft pra-peluncuran dua tahun keluar harapan mencapai 200 juta pengguna. Pada peluncuran Windows 7 (Oktober 2009), Windows Vista (dengan sekitar 400 juta pengguna internet) adalah sistem operasi kedua yang paling banyak digunakan di Internet dengan pangsa pasar sekitar 18,6%, yang paling banyak digunakan karena Windows XP dengan pangsa pasar sekitar 63,3%. Pada Mei 2010 , pangsa pasar Windows Vista perkiraan berkisar dari 15,26% menjadi 26,04%.

B. Hardware
Berikut gambaran singkat mengenai spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk menggunakan Vista, yang dibagi menjadi tiga level:
1. Level minimum
Pada level ini fungsi – fungsi dasar vista dapat berjalan namun tidak semua fitur vista dapat anda nikmati seperti fitur Aero flip dan flip 3D tidak akan berjalan pada level ini.
Hardware yang dibutuhkan:
a. Prosesor 800 mhz ( pentium 3 atau athlon)
b. RAM 512 MB
c. Hard disk 40GB
d. Graphic card bebas
Untuk level ini kerja komputer akan terasa sangat lambat.
2. Level medium
Pada level ini anda dapat menikmati fitur windows vista secara penuh, fitur – fitur yang membutuhkan kerja keras hardware seperti Aero Glass, flip, flip 3D, dsb dapat dijalankan dengan lancar, namun kerja masih dirasakan tersendat dalam level ini, hal ini dapat dirasakan apabila anda telah menginstal banyak program dan driver, serta banyak servis yang dijalankan oleh windows, apalagi jika mengoprasikan program – program yang dapat menguras tenaga hardware seperti program – program3D animator, program – program dengan proses rendering.
Hardware yang dibutuhkan:
a. Prosesor yang mempunyai kecepatan 2 GHZ atau lebih ( pentium 4 2,6 GHZ, ATHLON xp 2800+, anthlon 64,dll)
b. RAM 1024 MB
c. Hard disk SATA 80 GB
d. Graphic card dengan pixel shadrer 2 dan dukungan direc x 9.0 ( 128 256MB) ( Radeon 9500, Nvidia geForce 5200, intel 945 GM, ATI Xpress)
3. Level High
Pada level ini tidak perlu khawatir, karena dalam level ini sudah dapat menikmati semua fitur yang terdapat dalam windaws vista secara aman dan nyaman.
a. Prosesor dengan kecepatan 3 GHZ atau lebih, prosesor dual core (intel core duo, intel core 2 duo E6400+, athlon 64 X2 4600+, AMD turion X2,dll)
b. RAM 2048 MB DDR II
c. Hard disk SATA 120GB
d. Graphic card dengan dukungan pixel shadrer 2 atau pixel shadrer 3 (>256MB)
Pastikan pada hard ware atau PC tertera logo “ vista capable PC” atau “ vista premium ready PC”. Karena kedua logo tersebut menandakan bahwa komputer tersebut sudah dapat windaws vista dengan funsi – fungsi dasarnya dan mampu menjalankan semua kelebihan windaws vista, termasuk semua fitur premiumnya.

C. Tampilan dan Browser
1. Aero dan Aero glass

Fitur Aero glass merupakan efek transparan pada jendela windows yang membuatnya terlihat seperti kaca. Tingkat transparansi dapat diatur sesui kebutuhan dan dapat menambahkan warna. Tapi hanya VGA dengan pixel shader 2 dan VGA yang mendukung minimal directX versi 9.0 yang dapat menampilkan fitur aero glass ini.
Pada windows vista tool tips disertakan dalam bentuk teks dan gambar yang real time sesuai sesi yang sedang bejalan dengan jendela yang bersangkutan. Dan banyak efek yang terdapat dalam windows vista contohnya minimize dan maximize jendela, efek pop up, dll.

2. Windows sidebar

Sebenarnya windows sidebar bukanlah sebuah inovasi baru, karena sebelumnya MacOS sudah terlebih dahulu membuat sebuah aplikasi yang sangat mirip dengan windows sidebar, yakni aplikasi yang diberi nama dashboard. Selain MacOS yahoo juga sudah membuat aplikasi serupa yang diberi nama yahoo! Widget engine.
Windows sedebar terdiri dari beberapa gadget yang menjalankan beberapa aplikasi yang berbeda. Dan gudget ini dapat diaktifkan dan di non aktifkan sesuai kebutuhan. Contohnya gadget note, clock, calenar, contacs, CPU meter, feed headlines, picture puzzle dan slide show. Windows ini memerlukan memori 20MB.

3. Flip dan flip 3D

Fitur ini merupakan fitur premium windows vista. Flip menampilkan sesi jendela-jendela yang sedang aktif dalam bentuk thumbnail dan apabila aero glass aktif maka fitur flip akan ditampilkan dalam bentuk transparan. Flip 3D merupakan pengembangan dari fitur flip, bedannya jendela yang aktif di tampilkan dalam bentuk 3D.
4. Windows explorer

Windows explorer pada windows vista lebih lengkap da menarik serta dapat mempermudah dan mempercepat pencarian file. Perpindahan daritampilan file kethumbnails hanya dengan menekan tombol ctrl + scroll mouse ( up atau down)
Maka tampilan icon pada windows explorer akan berubah.
Fungsi pencarian pada menu start pun berubah, tidak hanya mencari file tetapi juga dapat mencari program. Tinggal ketik beberapa huruf dari nama file atau program, datanya akan segera muncul. Di windows explorer kita juga dapat mengetahui metadata ( data dari sebuah data) contohnya foto, cukup dengan mengklik foto semua info tentang foto tersebut akan muncul.
5. Internet explorer 7

Dalam IE7 kini terdapat RSS feed, pop-up blocker, dll. Dan kini juga menerapkan sistem tabulasi dalam menampilkan halaman website. Dengan menekan tombol ctrl + T untuk menampilkan tab baru menyediakan fitur Quick tab, yang menampilkan semua halaman web yang telah dibuka balam thumbnail.

D. Security
1. Parental control
Fungsi utama fitur ini adalah untuk mengontrol penggunaan komputer bagi anak-anak, karena fitur ini dapat membatasi penggunaan komputer seperti kapan saja komputer digunakan, program apa saja yang telah dibuka, websate apa yang boleh dibuka dan diblokir, dll. Dan dapat melihat aktifitas yang telah dilakukan komputer dengan mengunakan featur view aktifity report.
2. Bit looker drive encription.
Sebuah fitur untuk mengenkripsi drive, sehingga drive tidak dapat di akses oleh sembarang orang. Untuk menggunakan fitur ini komputer harus memiliki minimal 2 partisi hard disk, satu digunakan untuk OS anda dan satu ;lagi untuk bit locker drive encription. Dan format sistem file harus menggunakan NTFS serta sistem BIOS yang kompatible dengan trusted platform module (TPM) dan bootable flash disk. Fitur ini mengkripsi file system sehingga system tidak dapat diakses.
3. Windows firewall
Berfungsi untuk benteng pertahanan terhadap serangan hacker dan malware seperti virus, worm, dan trojan.
4. Windows defender
Berfungsi sebagai pelindung dari ancaman spyware, walau kerja spyware hanya memata – matai tetapi dapat menurunkan kinerja komputer.

5. User Account Control
Fitur ini berfungsi untuk mengingatkan pengguna setiap kalimmelakukan suatu hal pada komputer. Sebuah proses tidak akan berjalan apa bila tidak dengan izin sipengguna. Layar UAC akan muncul untuk menanyakan apakah proses ini disetujui. Tetapi karena terlalu sering muncul banyak orang yang merasa terganggu. Untuk meng non aktifkannya dapat melalui cntrol panel – user account and family safety – user account – turn user account control on or off.

E. Multimedia
1. Windows media player 11
Dari segi fitur, WMP 11 menghadirkan fungsi RIP, burning, sync, dsb. Selain ituWMP juga dapat memutar DVD yang didukung sub – title. Dan dapat bekerja pada taskbar. Untuk dapat meliahat media yang diputar ketika bekerja atau mengetik.
2. Windows photo gallery
Tidak hanya untuk gambar tetapi juga dapat mngorganisir file vidio, dengan memberikan tag ratting pada file gambar atau vidio. Dan tag tersebut akan mengelompokan gambar / vidio sesuai jenis.
Selain itu kita dapat mem – burn kedalam format CD atau DVD gambar yang kita buat menjadi movie. Dilengkapi juga untuk editing foto, walaupun tool – toolnya masih sederhana tetapi dapat digunakan untuk memperbaiki foto yang buran atau menghilangkan efek red eyes.

3. Windows DVD maker
Dapat digunakan untuk membuat movie dengan format DVD, lengkap dngan menu, chapter dan subtitle. Syaratnya komputer harus memiliki file yand didukung oleh DVD makerdan DVD burn.
4. Windows movie maker
Fitur ini sudah didukung format HD ( high definition) sehingga dapat mnedit file movie dengan fortmat tersebut. Dalam fitur ini file movie dapat dipotong – potong kedalam chapter – chapter, meng – capture movie dengan handycam atau digicam, mengimport gambar dan movie, memberikan efek transisi dll.
Agar dapat menghasilkan movie yang berkualitas terdapar 3 jenis HD yang dapat dipilih yaitu HD 720p, HD for xbox 300 dan HD 1080p.
5. Windows media center.
Merupakan fitur kumpulan, jadi pengguna dapat menggunakan berbagai fitur multimedia di windows media center ini. Contohnya mendengarkan radio, melihat TV, dan dapat integrasikan dengan remote control dan technologi touch screen.. tetapi fitur ini memakan resource yang amat besar sehingga dapat membebani kinerja komputer..

F. Performance
1. Windows superfetch
Adalah usaha microsoft agar sistem oprasinya lebih responsif dengan memuat program – program yang sering digunakan kedalam memory komputer terlebih dahulu.

2. Low priority
Pada saat menjalankan atau menggunakan tool disk defragmenter, defragment akan dijalankan secara background dan pengguna masih dapat melakukan aktifitas yang lain seperti mengetik walau defregment sedang berjalan, komputer tidak akan menjadi lambat tetapi tetap responsif.
3. Windows ready boost
Adalah sebuah fitur yang dapat mempercepat kinerja sistem menggunakan flash disk fitur ini akan menggunakan flash disk sebagai cache memori karena membaca dari flash disk, 80 – 100 kali lebih cepat dari pada membaca dari hard disk sehingga secara otomatis dapat meningkatkan performance komputer. Syaratnya flasdisk harus berlebel ReadyBoost.
Caranya sangan mudah, dengan memasukan USB stick ke komputer maka vista akan menawari apakan flash disk ana akan digunakan untuk ready boost atau tidak.
4. Windows readydrive
Dengan hard disk hybrid dan dukungan dari sistem oprasi vista, peformance atau kecepatan vista dalam melakukan booting akan meningkat sehingga tidak menunggu lama sampai koputer siap.

G. Macam – Macam Vista
Microsoft mengeluarkan enam jenis dari windows vista, yaitu:
a. windows vista starter
b. windows vista home basic
c. windows vista home premium
d. windows vista bussines
e. windows vista enterprise
f. windows vista ultimate
Perbedaan dari ke-enam jenis itu terletak dari fitur – fitur yang disertakan, windows vista ultimate merupakan versi vista yang memiliki fitur paling lengkap tetapi juga versi yang paling mahal, sedangkan fitur fancy aero glass disertakan mulai dari vista home premium, dengan kata lain tidak akan mendapatkan aero glass pada vista starter dan home basic, jika fitur bitlocker and drive encryption hanya terdapat pada vista enterprice dan ultimate.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • ndezzndezz: Sama2, senang jika bsa bermanfaat :)
  • ekaayunda: eem ada gak perjalanan obat dalam bentuk sediaan tablet, kaplet sirup dll?
  • Mega: Pertamax gan.. Xixixi
%d blogger menyukai ini: